Wednesday, April 5, 2017

Friday, March 17, 2017

https://youtu.be/ZQpBI8VLU8k

Friday, March 3, 2017

KISAH SUNAN MURIA

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Apa kabar kalian ? Semoga semua nya dalam keadaan sehat wa afiat yah dan senantiasa di berikan karunia oleh Allah SWT. Amin Ya Robbal 'Alamiin.

Pada postingn kali ini admin ini memberitahukan kisah dari seorang dari salah satu WaliSongo yaitu Sunan Muria. BeliauSunan muria yang memiliki nama asli Raden Umar Said adalah Putra Sunan Kali Jaga dengan Dewi Saroh. Nama muria diambil dari nama tempat tinggal terakhir beliau di lereng Gunung Muria, kira-kira 18km ke utara Kota Kudus. Seperti sang ayah, dalam berdakwah beliau menyampaikan dengan cara yang halus, ibarat mengambil ikan sampai mengeruhkan airnya. Itulah cara yang ditempuh untuk men-syiarkan agama Islam disekitar gunung Muria.

Berbeda dengan sang ayah. Beliau lebih suka tinggal di daerah yang sangat terpencil dan juga jauh dari pusat kota untuk menyebarkan Agama Islam. Sunan Muria tinggal di salah satu puncak Gunung Muria yang bernama colo. Beliau disana juga aktif bersosialisasi tanpa pandang bulu atau latar belakang nya dan juga sambil mengajarkan keterampilan-keterampilan bercocok tanam, berdagang dan melaut. Untuk menyampaikan ajaran islam, beliau adalah satu-satu nya wali yang masih mempertahankan kesenian wayang dan gamelan sebagai alat dakwah, salah satu hasilnya adalah tembang dan kinanti.

Sunan Muria adalah wali yang terkenal memiliki kesakstian. ia memiliki fisik yang kuat karena sering naik turun gunung muria yang tungginya sekitar 750m. bayangkan, jika ia dan istrinya atau muridnya harus nrik turun gunung setiap hari untuk menyebarkan agama islam kepada penduduk setempat atau berdakwah kepada para nelayan dan pelaut serta para pedagang. hak itu tidak dapat dilakukannya tanpa fisik yang kuat.
dan bukti kesaktian beliau pun dapat ditemukan dalam kisah perkawinan Sunan Muria dan Dewi Roroyono. 

Dewi Roroyono adalah putri sunan ngerang, yaitu seorang ulama yg disegani masyarakat karena ketinggian ilmunya, yang bertempat tinggal di juana, pati, jawa tengah. Demikian sakti sunan ngerang sehingga sunan muria dan sunan kudus sampai berguru kepadanya.

mungkin itu saja, semoga bermanfaat, wasalamu'alaikum


Saturday, February 25, 2017

CARA MANDI NABI SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASSALAM


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Apa kabar kalian ? semoga dalam lindungan dan selalu sehat wa afiat amin. di cuaca kali ini yang sudah memasuki musim hujan, kudu waspada banjir di Ibu kota hehe, mudah2an yang terkena musibah bisa di beri kesabaran dan ketabahan dalam ujian yang diberikan oleh sang maha pencinta. amin. ngomongin mandi, pasti kita bertanya2 dong, atau pernah dah terlintas di benak kita, gimana sih tata cara mandi yang di ajarkan Nabi. naah pas bangat daah, yuk kita simak keterangan di bawah ini.

Cara mandi yang diajarkan oleh Rasululloh Shollallohu 'alaihi wassalam adalah:
1. Bermula dengan segayung air disiram ke telapak kaki.
2. Segayung air disiram ke betis.
3. Segayung air disiram ke paha.
4. Segayung air disiram ke perut.
5. Segayung air disiram ke bahu.
6. Berhentilah sejenak kira-kira 5-10 detik.

Kita akan merasakan seperti ada uap yang keluar dari ubun-ubun, setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasa (cara mandi sendiri sesuai kebiasaan).

Hikmahnya:
Seperti gelas yang diisi air panas, kemudian air panas itu kita buang, lalu isi kembali dgn air dingin, apa yang terjadi? Pasti gelas akan retak/pecah.
Begitupun dengan tubuh kita yang memiliki suhu panas bila langsung menyiram pada bagian kepala maka angin/uap yang seharusnya keluar melalui kepala akan terperangkap dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan kematian mendadak karena pecahnya pembuluh darah.

Mungkin pernah kita mendengar orang yang jatuh di kamar mandi karena tiba-tiba 'stroke', bisa jadi kita sering masuk angin atau kepala migrain (sakit kepala sebelah) karena disebabkan cara mandi yang salah.

Cara mandi yang diajarkan oleh Rasululloh Shollallohu 'alaihi wassalam itu baik untuk semua umur. Mandi dengan cara yg telah disebutkan di atas juga sangat baik untuk orang diabetes, darah tinggi, migrain, kolesterol. Inshaa Alloh.

Sumber: Fatawa Arkanul Islam. Kitab shahih Imam Bukhari.

Naaah sekarang, udah pada tau kan. yuk kita amalkan sunnah baginda Rosulillaah, semoga diberikan keistiqomahan dalam mengamalkannya . amin Ya robbal 'alamin.
mungkin itu saja teman, semoga bermanfaat khusus nya buat admin dan umunya buat kalian semua. sekian dan terimakasih.

Wasalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Friday, February 24, 2017

Doa untuk kebahagiaan dunia dan akhirat



Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

Gimana kabarnya semua ? sehat ? semoga dalam keadaan sehat wa afiat yaa, amiiin.
Oke kembali lagi admin disini untuk membagikan Do'a-do'a yang belum kalian ketahui ataupun yang sudah... Kesempatan pada kali ini admin akan membagikan Do'a yang kalian semua pasti sudaah mengenal dan bahkan hafal, karena ada juga Band indonesia yg menyelipkan Do'a ini dilagu mereka.

Ya benar sekali, Do'a Untuk Kebahagiaan Dunia dan Akhirat. yg diselipkan di lagu Wali Band. Yuk kita simak aja beserta artinya,....

"Anas R.A, berkata: Kebanyakan Do'a Nabi Muhammad SAW :

اللهم ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفي الاخرةحسنة وقنا عذاب النار

"ALLAHUMMA ROBBANAA AATINAA FID DUN YAA HASANATAN WAFIL AAKHIROTI HASANATAN WAQINAA 'ADZAABANNAARI"

( Ya Allah, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat serta peliharakanlah dan selamatkanlah kami dari siksa neraka )

Naah itu lah teman teman Do'a, pasti langsung hafal ya, atau memang sudah pada hafal, bagus deh kalo gitu, tinggal di amalkan dan di istiqomahkan. Amin Allohumma Amin.

Mungkin itu aja, semoga bermanfaat khusus nya buat admin dan umumnya buat kalian, kurang dan lebih mohon maaf. Sekian dan terimakasih.

Wasalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh.

HAKEKAT NASIHAT

Assalamu'alaikum WarohmatullohibWabarokatoh.
Semoga semua dalam keadaan sehat serta keafiatan dan dilindungi dari segala macam bala bencana dan marabahaya. Amin Allohumma Amin.
NASIHAT. hmm pernahkan dinasihatin, baik sama orang tua sendiri ataupun sama guru bahkan sama teman juga pernah. Iya nasihat itu memberi tahu atau mengingatkan bahwa kita telah salah dalam perilaku atau tindakan yang kita lakukan. Namun Nasihat itu ialah Hakekat untuk diri sendiri. Kenapa? Simak penjelasan nya dibawah ini...

HAKEKAT NASIHAT ADALAH UNTUK DIRI SENDIRI
Imam Al ghazali: “Bekerjalah (Beramal) Dalam Sisa Umurmu …”
Firman Alloh Ta’ala: ”Berilah peringatan, sebab sesungguhnya peringatan itu dapat memberikan kemanfaatan pada kaum mukminin.” (Adz Dzariat: 55)
“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Alloh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) …” (Al Hasyr: 18)
IMAM Al-Ghazali memberikan nasihat berkaitan bagaimana memotivasi atau memberikan peringatan terhadap diri sendiri, agar selalu mengadakan penjagaan dan perhatian . Berikut kutipan nasihat beliau sebagai berikut:

“Engkau tentunya sudah memaklumi bahwa sunatulloh itu tidak akan ada perubahannya. Segala sesuatu pasti ada yang menyebabkan. Kebahagiaan dunia dengan sebab beramal, maka begitu pulalah halnya dengan kebahagiaan di akhirat. Tuhan dunia dan akhirat hanya satu jua yakni Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Setiap manusia tidak akan memperoleh sesuatu melainkan apa yang diusahakannya. Jikalau engkau sudah membuang banyak waktu untuk usahamu dalam keduniaan, maka sudah berapa banyakkah waktumu yang kau gunakan untuk mengusahakan kebahagiaanmu di akhirat.

Hai jiwa. Adakah engkau sudah menyediakan segala sesuatu yang pasti akan kau butuhkan di waktu menghadapi musim dinginmu nanti, yang waktunya sangat lama sekali? Sudah cukupkah persediaanmu sepanjang musim dingin yang amat lama itu? Sudahkan kau sediakan pakaian tebalmu, makananmu, kayu bakarmu, dan semua yang menyebabkan keselamatanmu di hari dingin itu?

Jangan sekali-kali engkau hanya menyerahkan semua itu kepada kemuliaan, keutamaan dan kedermawanan Tuhan, tanpa bersedia dan mengusahakan bekalnya sama sekali. Janganlah ini kau lakukan. Sebabnya ialah jikalau yang sedemikian itu engkau lakukan, maka betul-betul engkau tersesat dan keliru jalan pemikiranmu.
Dapatkah engkau menghadapi musim dingin tanpa memiliki baju tebal, makanan yang cukup dan kayu bakar yang bertumpuk-tumpuk? Engkau masih mempunyai waktu untuk mengusahakan itu dan tidak banyak lagi waktu itu. Waktu hanya tinggal beberapa saat saja, jika dibandingkan dengan lamanya musim dingin yang hendak kau hadapi. Beribu-ribu tahun berlangsungnya musim dingin itu dan bahkan berjuta-juta atau bermilyar-milyar tahun, sedang waktumu yang lapang kini hanyalah beberapa tahun sebelum engkau meninggalkan dunia fana ini saja. Engkau masih kuasa melakukan ini, lakukanlah sesegera mungkin.

Janganlah sekali-kali engkau menyangka bahwa di musim dingin itu engkau akan dapat sejahtera tanpa memiliki bekal-bekal yang sempurna sebagaimana yang disebutkan diatas. Sekarang ingatlah bahwa yang dimaksud musim dingin itu ialah alam akhirat nanti. Bekalnya ialah amalan-amalan yang baik. Kesengsaraan yang akan dialami ialah neraka.

Insaflah bahwa kepanasan atau kedinginan neraka itu tidak dapat ditanggulangi melainkan dengan benteng yang kokoh yang berupa ketauhidan dan kepada Alloh Ta’ala serta pertahanan yang kuat yang berupa keta’atan pada-Nya.

Kiranya cukuplah sudah keutamaan Alloh yang dilimpahkan padamu itu, sebab engkau telah ditunjuki jalan mana yang semestinya harus kau lalui. Jalan itu mudah sekali dan inilah yang dapat menolak siksa-Nya. Jadi benteng itulah yang harus kau rebut.

Perhatikanlah hai jiwa, tubuh mana yang engkau pakai menghadap ke hadlirat Alloh nanti, lisan mana yang akan kau gunakan menjawab pertanyaan-Nya. Karena itu siapkanlah jawaban untuk setiap pertanyaan-Nya. Dan usahakanlah yang benar dalam memberikan jawaban itu. Bekerja dalam sisa umurmu yang tidak seberapa lagi ini untuk persediaan menempuh masa-masa yang lama tanpa ada batasnya.

Gerakkanlah usahamu di perumahan yang fana ini untuk bekal hidup di perumahan yang baka nanti. Jangan lalai beramal dalam negeri yang penuh dengan kesedihan dan kesukaran ini, untuk mendapatkan negeri yang penuh kenikmatan yang kekal dan abadi.

Ingatlah bahwa agama itu tidak ada pergantiannya, keimanan tidak ada pertukarannya, dan tubuh tidak ada penyusulannya. Maka barangsiapa yang memperhatikan itu setiap siang dan malam, maka akan mudahlah berkendaraan kesana itu, sekalipun di dunia ia mengalami kesukaran. Resapkanlah dan ikutlah nasihat ini, hai jiwa. Terimalah dengan gembira dan amalkanlah.

Demikian sebuah nasihat, yang mungkin terlalu berat bagi kita yang awam ini. Akan tetapi, setidaknya ada yang bisa kita coba amalkan untuk memperbaiki diri, sebelum kita tidak punya kesempatan lagi untuk melakukan apapun.

Wallahu a’lam bi shawab.
Mungkin itu saja, kurang dan lebihnya mohon maaf, Semoga bermanfaat dan bisa beristiqomah dalam mengamalkannya. Amin. Sekian dan terimakasih.
Wasalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

DO'A NABI SAW. SIANG DAN MALAM



Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Apa kabar ? Semoga dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberikan karunia serta ketentraman dalam jiwa. Amin Allohumma amin...

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah Do'a dari Nabi Muhammad SAW. Karena Do'a itu sangat penting teman, kenpa? Karena senjata nya orang beriman ialah Do'a, makanya jangan spelein Do'a, pasti sering ngerasa kalo do'a kita tuh ngga dikabulkan. Mohon jangan berfikiran seperti itu ya, kita harus yakin bahwa Alloh SWT pasti mengabulkan do'a kita, pokonya buang aja fikiran kaya gitu mah. Ok.
Naah dibawah ini adalah do'a Nabi Muhammad SAW SIANG DAN MALAM.

"Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW mewasiatkan sesuatu yang baik kepada Salman (Al Farisi). Kata beliau: Sesungguhnya Nabiyulloh (yg dimaksud adalah beliau sendiri) akan memberikan beberapa kalimat kepadamu. Dengan kalimat-kalimat ini engkau dapat memohon kepada yang maha pengasih dan engkau dapat bersungguh-sungguh meminta kepada Allah SWT dengan arti kalimat-kalimat diwaktu siang dan malam.

اللهم اني اسالك صحةفي ايمان وايمانافي حسن خلق ونجاحا يتبعه فلاح ورحمة منك وعافية ومغفرة منك ورضوانا

"ALLAHUMMA INNI AS ALUKA SHIHHATAN FII IIMAANIN, WAIIMAANAN FII HUSNI KHULUQIN, WANAJAAHAN YATBA'UHU FALAAHUN, WARAHMATAN MINKA WA'AAFIYYATAN WAMAGHFIROTAN MINKA WARIDLWAANAN"

( Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebenaran dan keselamatan dalam kepercayaan serta kepercayaan dalam kebagusan budi pekerti dan mohon kemenangan yang disertai kelanggengan dalam kebahagiaan dan kebajikan serta memohon belas kasih, ampunan dan kesehatan dan kerela dari pada-Mu ) H.R THABRANI & AL HAKIM

Naah itulah doa nya, mudah-mudahan kita semua bisa mengamalkannya. Amin
Mungkin itu saja kawan, semoga bermanfaat khususnya buat admin dan umumnya buat kalian. Sekian dan terimakasih.
Wasalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Thursday, February 23, 2017

Ambil Hikmahnya



Bismillaah...
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.
Apakabar semua ? Semoga dalam keadaan yang sehat dan selalu diberikan karunia dan hidayah oleh Allah SWT. Amin
Kali ini admin mau memberi kan pertanyaan nih..hhee kaya sekolah aja yaa..
Coba ya, Isilah titik-titik di bawah ini dan mohon dijawab dengan jujur dan cepat.

1. Allah menciptakan tertawa dan ............... ??
2. Allah itu mematikan dan ............... ??
3. Allah itu menciptakan laki-laki dan ............... ??
4. Allah itu memberikan kekayaan dan ................ ??

Bagaimana jawabanya ?
Gampang kan ?
Sebagian besar jawaban ternyata memang benar, tapi hanya untuk nomor 1, 2 dan 3 saja.
Sedang untuk jawaban Nomor 4, Ternyata mayoritas salah.
KENAPA ???
Sekarang mari kita bahas.

Mayoritas kita tentu akan dengan mudah menjawab :
1. Tertawa dan (Menangis)
2. Mematikan dan (Menghidupkan)
3. Laki laki dan (Perempuan)
Tapi bagaimana dengan no.4 ?
Apakah benar jawabannya adalah Kemiskinan..?
Nah untuk mengetahui jawabannya, mari kita lihat rangkaian firman Allah dalam Surah An-Najm ayat 43-45, dan 48, sbb:

Jawaban no 1

:ﻭَﺃَﻧَّﻪ ﻫُﻮَ ﺃَﺿْﺤَﻚَ ﻭَﺃَﺑْﻜَﻰ

"dan Dia-lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis."
(QS. An-Najm: 43)

Jawaban no 2

:ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﻫُﻮَ ﺃَﻣَﺎﺕَ ﻭَﺃَﺣْﻴَﺎ

"dan Dia-lah yang mematikan dan menghidupkan."
(QS. An-Najm:44)

Jawaban no 3

:ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﻴْﻦِ ﺍﻟﺬَّﻛَﺮَ ﻭَﺍﻟْﺄُﻧﺜَﻰ

"dan Dia-lah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan. "
(QS. An-Najm:45)
Jawaban no 4

:ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﻫُﻮَ ﺃَﻏْﻨَﻰ ﻭَﺃَﻗْﻨَﻰ

"dan Dia-lah yang memberikan kekayaan dan KECUKUPAN."
(QS. An-Najm:48)

Ternyata jawaban yang no 4 kita sdh berburuk sangka kpd Allah
Sesungguhnya Allah hanya memberikan kekayaan dan kecukupan kepada hamba-hamba Nya BUKAN kemiskinan seperti yang telah kita sangkakan.
استغفرالله العظيم

Ternyata yang menciptakan kemiskinan adalah diri kita sendiri.
Kemiskinan itu selalu kita bentuk dalam pola pikir kita.
Itulah hakikatnya, mengapa orang-orang yang pandai bersyukur walaupun hidup cuma pas-pasan tapi ia tetap bisa tersenyum BAHAGIA???
Karena ia merasa cukup, bukan merasa miskin seperti kebanyakan orang lainnya.
Semoga bermnfaat ya teman2, sekian dan terimakasi.
Wasalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

FlashBack Ceritanya



Haduuh malam-malam ngebuka email, eeeh di pesan terkirim nya ada kayak ginian hhaa, bikin flash back aja daah huhhhh...
Btw lagu ini nada nya gw lupaa hhaa... Okelaaah langsung aja check this out... Hhaa

Cuma tulisan ini doang si 
andai aja lo tau apa yang saat ini gua rasain , andai aja lo tau bahwa hati ini masih milik lo , andai aja lo tau kalo gua masih sayang sama lo , ia mungkin emang lo udah bahagia dengan cowo lo yang sekarang , hmm gua ikut seneng ko kalo lo bahagia walau bukan sama gua , tapi gua akan lebih seneng lagi kalo lo jadi milik gua lagi , oke gua kira itu semua hanya mimpi dan itu semua hanya khayalan gua semata , tapi gua gamau pesimis gua yakin ko kalau lo emang yang terbaik buat gua lo pasti akan kembali buat gua dan inti nya sekarang gua lagi kangen sama lo ..



teringat saat kita berdua bersama menjalani hari hari seneeeeeng bangat rasa nya liat lo terrtawa lepas saart gua bernyanyi buat lo  kangen bangat ama lo HUSNA AMALIA orang yang pertama gua bawa ke rumah gua  iya iya gua tau ko , gua emang gak pernah berarti buat lo gua sadar ko itu , eh eh inget gak? Waktu kita nyanyi lagu STILL VIRGIN dan gua yang main gitar nya ,, heheh  itu yang paling gua gak bisa lupain , oke oke gua tau ko lo pasti dah lupa itu semua  oiya dan inget juga gak saat kita pergi ke daerah gunung dan ketika pulang nya kita keujanan  hmm dan saat itu gua khawatir bangat sama lo takut nya lo sakit gitu , oh iya gua yakin lo pasti lupa yaudah gapapa ko , gua bisa ngerti  dan teks ini GUA TULIS KHUSUS BUAT LO ,,,,,

” UNTUK KAMU “

Intro : C AM F G

          C               AM                 DM                               G

Teringat saat kita berdua , bercanda ceria bersama ..

          C                       AM                      DM                         G                    EM

Mengapa kau pergi tinggalkan , disaat ku mulai percaya, bahwa dirimulah yang

           AM                   F                   G

Pantas untuk menjadi pendamping hidupku ..

                  C                  AM             DM                     G      

dan Ku harap dirimu disana , selalu bahagia dengannya ..

             C                        AM                     DM                           G                        EM                            AM

Mencoba merelakan semua , walau hati ini yang kan tersakiti , ku ingin kau tau tentang prasaan

                  F                       G

Ini lewat lagu ku ungkapkan semua



Reff 1
             C                         AM                   F                              G

Sampai saat ini kau masih disni di dalam hatiku dan takkan terganti ..

             C                         AM                            F                            G

Sampai detik ini ku masih mencoba lupakan semua meski ku tak mampu ..

Wooo ,,,




Intro: C AM F G
      C              AM                       DM                     G

Cerita kisah cinta kita , terangkai dibulan agustus ..

              C                 AM                              DM                          G                              EM                     

Dan  semua sangatlah indah , namun akhirnya menjadi sampah, walau ku tak percaya

AM

dirimu                    

   F                   G

Kan tinggalkan diriku sendiri ..

               EM                   AM            F              G

Lupakan ku coba lupakan , semua cerita tentang mu ..


Back to reff 3x


Keterangan    : lagu ini gua ciptakan karena terinspiras dari mantan gua yang bernama husna amalia, sebenanya gua masih sayang sama dia.....


by redza septian

kalau lo tau nie lagu gua persembahkan buat lo !!!!!!!!!!!!

NGacapruk di Rumah NENEK





Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

Semoga dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa diberi kesehatan dan keistiqomahan dalam beribadah kepada Allah SWT amin Ya Robbal 'Alamin...
Kasih sayang seorang anak perempuan emang bener2 dahsyat, menurut gw beda bangeet sm anak laki laki, kenapa ? Karena ketika orang tua sakit, baik itu ayah/ibu, maka anak perempuan lah yang paling bisa merawatnya, serta paling khawatir apalagi kalau org tua nya sudah lanjut usia, naaah emg bner bgt daah. Terbukti ketika nenek gw sakit, ibu gw daan adik perempuanlah yang merawatnya, dan adik ibu gw yang laki laki cueek aja gtuu, malaah maen ketika ibu nya sakit.. Dan gw takut kalau ibu gw yang sakit, sementara gak ada anak perempuan, terus siapa yang bakal merawatnya ? Biar gimana pun, gw harus bisa merawatnya, daan semoga biar ketemu jodohnya lah hhee amin....

Sekarang gw nginep dirumah nenek gw, yang gaak begitu jauuh juga sih, paling 20menit dari rumah, baru maen kesini lagi kangen juga si, terakhir gw kesini ada kali 2-3 bulan yang lalu, sekali nya maen rame pada nginep anak-anak dari nenek gw.... Alhamdulillah kumpul keluarga. Tapi kumpul nya karena nenek sakit hmm sediih, semoga diangkat penyakit beliau oleh Allah SWT amin Allohumma amiin. Berhubung musim hujan, jalan menuju rumah nenek gw licin bgt heeeuuh, untung ngga jatoh dah gw tadii, tapi Syukur alhamdulillaah hujan, karena hujan itu rahmat dari Alloh SWT.

Hmm mungkin itu aje yang mau gw ceritain, enak kalo udah cerita teeh yaa walau pun bukaan sama orang beneran, seengga nya gw dah mencoba ngelepasin semua unek unek ini. Hehe..
Sekian dan terimakasih.
Wasalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Wednesday, February 22, 2017

KEJUJURAN ITU PENTING


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh
Apa kabar kalian? semoga dalam keadaan yang baik dan sehat wa afiat serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT. amin Ya Robbal 'Alamin. teman, kejujuran iru hal yang sangat penting walau kadang sangat sulit dilakukan. 

padahal Nabi Muhammad SAW sebagai utusan untuk umat manusia, dijadikan sebagai uswatun hasanah, teladan untuk umat manusia didalam hidup dan kehidupan kita. Menjadi contoh yang baik di dalam hubungan kita yang kita bangun kepada Allah atau hablum minallah, juga beliau sebagai contoh di dalam hubungan baik kita sesama manusia. Beliau dipercaya oleh masyarakat Arab bukan hanya ketika menjadi nabi melainkan sebelum itu, beliau telah menjadi orang yang dipercaya oleh masyarakatnya sehingga beliau dijuluki dengan al-amin atau orang yang dapat dipercaya. Perbuatan ini tidak lepas dari sifat beliau yang selalu berkata jujur. Jujur dalam hatinya, didalam perkataan dan perbuatan.

Mengapa kejujuran begitu penting untuk hadir di dalam kehidupan kita, karena dengan sikap jujur kehidupan yang kita jalani jauh lebih baik, hati yang kita miliki jauh lebih tenang dan lebih tentram, mental yang kita miliki jauh lebih kuat dibanding kalau kita tidak jujur. Seandainya tidak ada kejujuran di dalam kehidupan kita, maka dimanapun kita berada, dalam situasi dan kondisi bagaimanapun sungguh kita tidak akan merasakan ketenangan, tidak akan merasakan ketentraman. Justru yang terjadi adalah ketakutan, kegelisahan, ketidaktenangan,dan lain sebagainya. 

Hal ini dikarenakan sering dan selalu berkata tidak benar. Satu perkataan bohong maka akan menimbulkan efek selanjutnya yaitu berkata bohong untuk menutupi kebohongan kedua, kebohongan ketiga akan dilakukan untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Manusia yang tidak memiliki sifat jujur, maka ia akan menjadi manusia yang hina di muka bumi ini lebih- lebih di akhirat nanti. Walaupun faktanya ada juga orang yang sering berbohong itu orang yang mulia dihadapan manusia, itu tidak menjamin kemulian dihadapan Allah. Bahkan ia dijanjikan neraka. Mengapa kita harus jujur, karena ia merupakan bagian dari sifat positif manusia. Kejujuran adalah bagian dari harga diri kita yang harus di jaga karena bernilai tinggi, orang yang kehilangan uang bisa dicari lagi, tapi kehilangan kejujuran susah untuk diganti. 

Orang yang merusak KEJUJURAN sangsinya akan berat dan berlangsung lama, karena juga diikat dengan hati nurani manusia, keduanya merupakan anugerah dari Allah swt. Dua elemen itu saling keterkaitan. Ketenangan jiwa dan ketenangan batin itu tidak lepas dari hati nurani yang tenang, bila hati tidak tenang, hal ini dikarenakan tidak berbuat tidak jujur. Seorang wartawan misalnya, yang menyebarkan berita yang tidak benar alias kabar dusta, dengan tujuan beritanya laku dikonsumsi masyarakat. Begitu juga dengan seorang politikus, yang tak henti-hentinya mengobral janji-janji dusta, guna menarik simpati dan dukungan dari masyarakat, atau memfitnah untuk menjatuhkan lawan politiknya, begitu juga halnya pedagang, yang bermain curang dalam takarannya, untuk mendapatkan untung yang besar. Berkata bohong sebenarnya ciri daripada orang munafik, dan orang munafil itu tempatnya di neraka yang paling dalam. Ciri orang munafik sebagaimana yang diungkapkan dalam hadish ialah : Berbicara bohong, berjanji ia dusta, dan apabila dipercaya ia khianat.

Ada sebuah ungkapan : KATAKAN DENGAN JUJUR WALAUPUN KEJUJURAN ITU PAHIT. Ibarat obat, terkadang semakin obat itu pahit, maka semakin manjur untuk menyembuhkan penyakit. Kejujuran akan menyembuhkan setiap orang dari segala bentuk penyakit hati, kemunafikan,ria, dengki, dan berbagai penyakit hati lainnya. Semoga jujur menjadi hal yang sering dan selalu ada pada diri kita. Amin.

semoga dengan membaca ini kita bisa menjadi orang yang jujur dalam kondisi apapun karena orang pinter di sini udah banyak tapi orang jujur itu sangat langka, mari kita berusah menghargai seburah kejujuran meskipun kadang pahit namun percayalah suatu saat nanti kita pasti mendapatkan buah manis dari sebuah kejujuran.
sekian dan terimakasih.
Wasalamu'alaikum.

SANAH HELWAH GURU TERCINTA



Assalamu'alaikum.
tepat tanggal 23 feb 2017 Almarhum milad :( Beliau tetap selalu hadir. semoga engkau bahagia di sana wahai guru....

Sanah helwah Guru Mulia Sultonul Qulub Almagfirullah Yaa Habibana Munzir bin Fuad Al Musawa semoga ilmu yang engkau berikan kepada kami semua bermanfaat dan bisa kami amalkan. Amin Ya Robbal 'Alamiin.

Betapa rindunya kami wahai Guru Tercinta...
Engkau rembulan yang bersinar terang ditengah gelap nya hati murid-murid mu...
Engkau dapat menembus sanubari kami dengan pedang cahaya mu wahai Guru...
Engkau dapat menembus sanubari kami tanpa membuat kami terluka...

Engkau dapat menyejukkan hati kami walau engkau tidak menyentuhnya langsung...
Engkau dapat menentramkan gejolak sanubari kami...
Engkau Syeikh Futuhnya kami...
Engkau membimbing tanpa bermaksud menggurui...

Engkau menunjukkan tanpa bermaksud  lebih mengetahui...
Engkau mendidik tanpa bermaksud lebih ahli...
Engkau tak pernah musuhi siapa pun yang mencaci mu...
Engkau sosok panutan kami...

Engkau contoh nyata zuhud dunia bagi kami...
Engkau pribadi yang indah dimata kami...

Kami beruntung hidup di zaman ini bersama engkau...
Tapi alangkah rugi nya kami jika kami tidak dapat bersamamu dan Rosulullah SAW di Akherat kelak...
Maafkan murid-muridmu karena terlalu sering membuatmu sedih...
Maafkan murid-muridmu jika belum bisa menjaga "warisan" mu dengan baik...

Jika ada yang meragukan Kewalian, Kealiman, Kebarokahan Habibana Munzir Al Musawa, dilihat dari mana keraguan itu ?. Maqomnya beliau setiap hari ramai yang mengunjungi, Majelisnya beliau masih tetap berdiri tegak bersyiar, Anak-anak beliau Sholeh/Sholehah.
Beliau dihargai bukan hanya di satu tempat, bukan hanya oleh satu agama, bukan hanya satu golongan miskin/kaya.

Kami rindu bersamau wahai Habibana...
Temanilah kami malam ini di mimpi kami...
Hadirlah bersama Rasulullah SAW wahai guru...

QOBUL YAA ROBB

CINTA!



Assalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarakatauh
Semoga dalam lindungan Allah dan selalu diberi kesehatan, keafiatan dan keberkahan risqi nya. amin Ya Robbal 'Alamin. kalian pernah dengar kata CINTA kan? menurut kalian apa itu cinta? hmmm, mungkin ini bisa menggambarkan arti CINTA :)

Apa itu cinta? 
Cinta... Adalah ‘Ali, ketika dia berbaring tidur menggantikan Rasulullah Saw di kasur Nabi, padahal dia tahu bahwa sekelompok orang telah berkumpul untuk membunuh Rasulullah Saw, dia juga tahu bahwa dia mungkin saja tewas di kasur yang sama!!
.
Cinta...
Adalah Bilal, ketika dia tidak lagi mengumandangkan azan setelah Rasulullah Saw wafat, lalu ketika Bilal mengumandangkan azan lagi atas permintaan ‘Umar saat penaklukan Baitul Maqdis. tidak pernah tangisan begitu membahana terlihat sebelumnya, saat Bilal mengucapkan “Asyhadu anna Muhammadan Rasulullaah”.
.
Cinta...
Adalah Abu Bakar yang mengatakan: “saat kami berhijrah, aku heran dengan munculnya susu yang tercampur air, lalu aku berikan susu tersebut kepada Rasulullah, dan aku katakan: “Minumlah wahai Rasulullah”
Abu Bakar mengatakan: “Maka Rasulullah pun minum sehingga hilanglah dahagaku” (Rasulullah yang minum, Abu Bakar yang hilang dahaganya).
.
Cinta...
Adalah Zubair yang mendengar kabar terbunuhnya Rasulullah, lalu dia pun keluar dengan menyeret pedangnya di jalan-jalan kota Makkah, padahal usianya baru 15 tahun. Agar pedangnya menjadi pedang pertama yang terhunus dalam sejarah Islam.
.
Cinta...
Adalah Rabi’ah bin Ka’b saat Rasulullah Saw bertanya kepadanya “apa yang kamu butuhkan?” Rabi’ah pun menjawab: “aku meminta agar aku bisa mendampingimu di surga”.
.
Cinta...
Adalah Tsauban ketika Rasulullah Saw bertanya kepadanya: “Apa yang membuat warna (wajahmu) berubah?” lalu Tsauban menjawab: “aku tidak sakit dan terluka, hanya saja jika aku tidak melihatmu aku menjadi sangat merindu kesepian sampai aku bertemu denganmu”.
.
Cinta... Adalah ketika Abu Bakar As-Shiddiq berkata kepada Rasulullah Saw sebelum memasuki gua (Tsur): “Demi Allah, janganlah engkau masuk sampai aku masuk terlebih dahulu, jika ada sesuatu di dalam gua ini maka akulah yang terkena bukan engkau”.
.
Cinta...
Adalah Abu Bakar yang menangisi RAsulullah Saw ketika tampak tanda-tanda telah dekat kewafatannya, lalu Rasulullah menenangkannya: “Janganlah kamu menangis! Jika saja aku boleh menjadikan seseorang kekasih dari golongan manusia, aku pasti menjadikan Abu Bakar kekasihku”


Subhanalloh sungguh indah nya rasa CINTA yang engkau berikan, semoga kita bisa mengambil hikmahnya dan semoga bermanfaat ya temaan. mungkin itu saja, kurang dan lebihnya mohon di maafkan. sekian dan terimakasih.
Wasalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

JANGAN SOMBONG!






Assalamu'alaikum semua
Semoga dalam keadaan sehat wa afiat senantiasa diberikan karunia dan perlindungan Allah selalu menyertai kita semua. amin Ya Robbal 'Alamin. banyak orang yang merasa dirinya hebat dan tidak perlu membutuhkan bantuan orang lain, padahal kita semua tidak bisa hidup tanpa ada nya orang orang karena kita adalah makhluk sosial. Maka nya kita :

JANGAN SOMBONG
LAHIR : ditolong oleh ORANG LAIN.
NAMA : diberi oleh ORANG LAIN.
PENDIDIKAN : didapat dari ORANG LAIN.
GAJI : diterima dari ORANG LAIN.
KEHORMATAN : diberikan oleh ORANG LAIN.
MANDI PERTAMA : dilakukan oleh ORANG LAIN.
MANDI TERAKHIR : dilakukan oleh ORANG LAIN.
HARTA SETELAH MENINGGAL : menjadi hak ORANG LAIN.
PEMAKAMAN : dilakukan oleh ORANG LAIN.

Ternyata sejak lahir hingga meninggal kita selalu membutuhkan ORANG LAIN.
Kita mulai sadar bahwa hidup ini membutuhkan ORANG LAIN :
DIMANA KEHEBATAN KITA.

Ternyata, kita bukanlah siapa-siapa tanpa ORANG LAIN.
Bersahabatlah dengan semua orang
karena kita tidak tahu kapan kita membutuhkan bantuan mereka.
Sebaik baik sahabat adalah yang bisa menghantarkan ke Surga
Allah Ta’ala berfirman,

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari
manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan hakikat
kesombongan dalam hadits beliau Shallallahu ‘alaihi wa salllam :

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاس

ِ“Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia”. [HR. Muslim, no. 2749, dari ‘Abdullah bin Mas’ûd Radhiallahu 'anhu]

Semoga bermanfaat khususnya bagi diri saya dan umunya buat kalian semua.. 
mohon maaf atas segala kesalahannya.
sekian dan terimakasih
Wasalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
"MUHASABAH"

JAGALAH LISANMU!


Assalamu'alaikum Semua,
Semoga dalam keadaan sehat wa afiat dan selalu dalam serta karunia Allah SWT amin Ya Robbal 'Alamin. ada pribahasa mengatakan "mulutmu harimaumu" ya, benar sekali bahwa lisan kita itu ibarat senjata yang sangat tajam yang siapa saja bisa melukai hati/perasaan seseorang hanya dengan lisan, Maka dari itu wajiblah kita untuk senantiasa menjaga lisan dengan perkataan yang baik dan tidak untuk melukai hati seseorang. Perhatikan Hadist dibawah ini !

Rasulullah SAW. bersabda,

‘Inginkah engkau aku beritahu tentang kepala (pokok) segala urusan, tiangnya dan puncaknya?’ Aku menjawab, ‘Ya, wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda, ‘Kepala segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad.’ Rasulullah Saw. mengatakan lagi, ‘Inginkah engkau aku beritahukan tentang penguat itu semua?’ Aku menjawab, ‘Ya, wahai Nabi Allah.’ Maka Rasulullah Saw. memegang lidahnya seraya mengatakan, ‘Tahanlah (peliharalah) ini (lidah) olehmu.’ Aku mengatakan, ‘Wahai Nabi Allah, akankah kita dibalas gara-gara omongan yang kita ucapkan?’ Rasulullah Saw. menjawab, ‘Ibumu telah kehilangan kamu! Tidaklah manusia dibenamkan ke dalam neraka -dimulai dengan wajah mereka atau lubang hidung mereka- melainkan buah dari lidah-lidah mereka?'” (HR.Tirmidzi, hadits hasan)

Selain At-Tirmidzi, yang meriwayatkan hadits tersebut adalah Ahmad, An-Nasai, dan Ibnu Majah. Hadits ini merupakan bagian akhir dari hadits panjang. Dalam hadits ini, Rasulullah Saw. menjelaskan hal-hal besar yang harus menjadi perhatian dan komitmen umat Islam sepanjang hayat. Coba perhatikan kembali penggalan pertama hadits tersebut.

“Wahai Rasulullah, terangkanlah padaku amal yang memasukkanku ke surga dan menjauhkanku dari neraka.” Rasulullah menjawab, “Sungguh engkau bertanya tentang sesuatu yang besar. Dan hal itu mudah bagi orang yang Allah mudahkan: engkau beribadah kepada Allah dengan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, engkau mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan haji ke baitullah.” Kemudian Rasulullah Saw. mengatakan, “Inginkah engkau aku tunjukkan pintu-pintu kebaikan?” Puasa adalah tameng; shadaqah menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api; dan shalat seseorang di tengah malam, (seraya beliau membacakan ayat ‘Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezeki yang Kami berikan. Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.’ (Q.S. As-Sajdah [32]: 16-17)” Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan ia menyatakan hadits ini hasan.

Sungguhlah, Rasulullah Saw berbicara tentang hal-hal yang menyebabkan seseorang layak masuk ke surga dan menjauhkannya dari neraka. Dan, beliau sendiri menyebut persoalan itu sebagai persoalan yang besar dan serius.
“Engkau telah bertanya tentang sesuatu yang besar.” Begitu komentar Rasulullah Saw tentang pertanyaan Mu’adz. Memang benar, hal apakah lagi yang lebih dahsyat dari urusan masuk surga atau neraka? Bukankah Allah Swt. berfirman,

“…Barangsiapa dijauhkan dari api neraka sungguh ia telah sukses (beruntung)…” (Q.S. Ali Imran [3]: 185)

Untuk menyelamatkan manusia dari neraka dan memasukkannya ke surga, Allah menurunkan kitab-kitab dan mengutus para nabi. Hal yang Rasulullah SAW sebutkan sebagai perkara-perkara yang akan memasukkan seseorang ke surga dan menjauhkannya dari neraka itu tidak lain adalah rukun Islam. Kemudian Rasulullah Saw. menjelaskan pintu-pintu kebaikan yakni shaum, shadaqah, dan shalat malam. Dan selanjutnya beliau menjelaskan bahwa pokok segala persoalan adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad.

Yang menarik adalah, setelah menjelaskan tentang pokok, tiang, dan puncak segala urusan, Rasulullah Saw. menutup dengan “Inginkah engkau aku beritahukan tentang penguat semuanya itu?” Dan beliau menjawab sendiri, “Tahan dan kendalikanlah lidah.” Beliau bicara tentang anggota tubuh kita yang bernama lidah, justru dikaitkan dengan hal-hal besar. Bahkan disebutkannya bahwa mengandalikan lidah itu sebagai penguat segala urusan.

Lidah; anggota tubuh yang boleh jadi diabaikan dan dianggap sepele banyak orang dan karenanya tidak dianggap akan mempunyai dampak yang berarti bagi kehidupan seseorang. Boleh jadi, orang-orang pada masa Rasulullah Saw. pun ada yang menganggap lidah bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan pengaruh dan hasilnya. Ini tergambar dari pertanyaan Mu’adz bin Jabal (semoga Allah meridhainya), “Wahai Nabi Allah, akankah kita dibalas gara-gara omongan yang kita ucapkan?”

Menanggapi pertanyaan Mu’adz (semoga Allah meridoinya) itu, Rasulullah Saw mengatakan, “Semoga ibumu kehilangan kamu! Tidaklah manusia dibenamkan ke dalam neraka -dimulai dengan wajah mereka atau lubang hidung mereka- melainkan buah dari lidah-lidah mereka?”

Kalimat “Ibumu telah kehilangan kamu!” ini bukan dimaksudkan sebagai doa hakiki ataupun penistaan. Ini hanyalah ungkapan yang berlaku pada masyarakat Arab saat mengungkapkan perasaan adanya sesuatu yang di luar dugaan atau mengherankan. Kira-kira, betapa mengherankannya dalam pandangan Rasulullah Saw. seseorang yang tidak mengerti bahwa perkataan seseorang akan dituntut di hadapan Allah Swt. Di sini, kalimat tersebut bermakna dorongan agar seseorang memahami yang dikatakannya.

Hashaida alsinatihim (buah dari lidah-lidah mereka) maknanya adalah balasan dan hukuman atas perkataan yang diharamkan. Ketika seseorang berbicara, pada hakikatnya ia sedang menanam sesuatu. Boleh jadi ia tidak sadar (saat mengucapkannya), tapi cepat atau lambat, kata-kata yang dikeluarkan akan berbuah. Entah itu baik atau buruk, bergantung yang ditanamnya. Bahkan, untuk melihat dan merasakan buah dari kata-kata yang terlontar, seseorang tidak harus menunggu hari kiamat. Ia dapat dengan kontan merasakan buah dari ejekan dan penghinaan dirinya kepada orang lain. Salah satu buahnya adalah tidak ada orang yang suka kepada orang yang hanya pandai mengejek, mencaci, dan mencerca orang lain. Sebaliknya, dengan kata-kata baik yang didasarkan pada keikhlasan, tidak sedikit orang yang bersimpati bahkan menjadi sahabat setia.

Lidah dengan segala produknya menggambarkan keseluruhan perilaku. Seorang ulama ternama terdahulu, Yunus bin ‘Ubaid, mengatakan, “Tidaklah aku melihat seseorang lidahnya dalam keadaan tertentu (baik atau buruk perkataannya) melainkan pasti aku melihat hal itu sesuai dengan seluruh amalnya.” Sedangkan Yahya bin Abi Katsir mengungkapkan, “Tidaklah baik dan lurus perkataan seseorang melainkan engkau akan mengetahuinya dalam seluruh perbuatannya. Dan tidaklah rusak perkataan seseorang melainkan engkau akan mengetahuinya pula dalam seluruh perbuatannya.”

Hadits yang sedang kita bahas ini menjelaskan bahwa kebanyakan yang menyebabkan manusia masuk neraka adalah kemaksiatan lidah. Kemaksiatan lidah bentuknya bisa kemusyrikan dan ini adalah dosa terbesar di sisi Allah Swt. Bentuk lainnya adalah mengatakan atas nama Allah yang tidak diketahuinya. Tindakan ini merupakan teman sejati kemusyrikan. Kesaksian palsu, menuduh, dan ghibah juga merupakan kejahatan-kejahatan yang dilakukan lidah.

Ibnu Rajab Al-Hanbali menyatakan saat menjelaskan hadits tersebut dalam kitabnya yang berjudul Jami’ul ‘Uluumi wal-Hikam, “Hal itu menunjukkan bahwa menahan lidah dan mengendalikannya adalah sumber segala kebaikan. Dan barangsiapa mampu mengendalikan lidah maka sungguh ia mampu mengendalikan dan mengokohkan segala urusannya.”

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW. mengaitkan urusan pengendalian lidah dengan keberadaan iman kepada Allah dan kepada hari akhirat pada diri seseorang. Sabdanya,

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan kepada hari akhirat maka hendaklah ia berbicara yang baik atau diam.” (H.R. Muttafaq ‘Alaih)

Jadi, urusan lidah bukan sekadar urusan segumpal daging. Perkara lidah berimplikasi panjang dan tidak boleh dianggap ringan. Perkaranya bisa menyeret orang ke neraka atau mengantarkannya ke surga. Dalam hadits lain, Rasulullah SAW. bersabda,

“Barangsiapa menjamin untukku apa yang ada di antara dua janggutnya (yakni lidah) dan apa yang ada di antara dua kakinya (yakni kemaluan) maka aku menjamin untuknya surga.” (H.R. Muttafaq ‘Alaih).

Naah teman teman sudah jelaskan semua nya, so semoga dengan membaca artikel ini kita bisa lebih menjaga lisan kita yaa, amiin. mungkin itu saja, semoga bermanfaat khususnya buat admin dan umumnya buat kalian. sekian dan terimakasih.
Wasalamu'alaikum

Bertasbih dan Tentang Dzikir



Assalamu'alaikum

Semoga dalam keadaan sehat wa afiat dan juga selalu dalam lindungan Allah SWT.  kali ini saya akan membagikan ilmu yang disampaikan oleh Al Habib Muhammad Albagir, Subhanallah beliau menceritakan dahulu pernah ada Alhabib Muhammad Al Idrus Al Habsyi punya Majlis ( Majlis Qiro'ah ) baca kitab dan ketika beliau baca kitab dilihat ada seseorang yang hadir sedang pegang tasbih / bertasbih, benar itu sangat bagus kalau dalam berdzikir, bersholawat di Majelisnya boleh. Tetapi kalau sedang ada kajian kitab dan ada ilmu yang dibahas, dan berenti dulu Tasbihnya. Habib Muhammad Al Habsyi liat ini orang sedang bertasbih dan beliau mengatakan, 

kita ini sekarang dalam keadaan baik atau buruk ? ( sedang ngaji kitab ), kalau kita dalam keadaan baik kenapa ente ngga ikutin, ngaji dan mendengarkan. kalau kita dalam keadaan buruk, kenapa ente nggak larang saya.

Ada pula tentang Dzikir
Dzikir kepada Allah yang diperintahkan oleh Allah SWT memiliki pengaruh yang sangat lah besar di dalam membentuk pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT dan kita dianjurkan untuk senantiasa berdzikir terus menerus kepada Allah SWT, banyak perintah agama yang diperintahkan oleh Allah SWT salah satu contoh nya adalah perintah Sholat, perintah membaca Al-Qur'an, perintah puasa dan berbagai macam perintah Allah SWT namun perkara Dzikir kepada Allah SWT senantiasa memerintahkan nya menganjurkan kepada kita untuk memperbanyaknya khusus perkara Dzikir dihimbau olehNya untuk di perbanyak berbeda dengan Sholat yang di perintahkan Nya tapi tidak menyebutkan untuk memperbanyaknya atau sedikit ( umum ) puasa pun demikian.

Mungkin itu saja, mohon maaf atas segala kekurangan nya , semoga artikel ini bermanfaat khusus nya buat Admnin dan umunya buat kalian semua. sekian dan terimakasih.

Wasalamu'alaikum.

Jawaban Cerdas Al habib Salim Bin Jindan




Assalamu'alaikum semua

semoga dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberikan kesehatan dan keafiatan amiin.
Banyak orang awam yg bertanya tentang pertanyaan yang bisa dibilang sangat apa ya namnya riskan gtu loh, ada aja yang nanya tentang bagaimana nabi bisa hadir saat maulid yg diadakan berbarengan di dunia ini ?
hmm kalo kita beriman, kita harus yakin bahwa Nabi selalu hadir di setiap perayaan maulid.
dan inilah Jawaban cerdas ...

Al-'Aarif biLLAAH al-Musnid al-Muhaddits al-Habib Salim bin Ahmad bin Jindan saat ditanya bagaimana bisa ruh Rasululloh SAW hadir di setiap mahalul qiyam/syaraqal sementara di saat yg sama perayaan maulid saat mahalul qiyam berbarengan di tempat-tempat lain di seluruh dunia?

al-Habib Salim menjawab dengan jawaban diplomatis, cerdas namun mengena, kurang lebih seperti ini:

"Jangan jauh2 mikir hal yg ghaib, kau ambil analogi saja. Rembulan hanya ada satu, namun seluruh orang di muka bumi ini bisa melihatnya. Begitulah ruh Rasulullah SAW hadir."

Imam Suyuthi berkata:
benar-benar bisa ditarik kesimpulan dari hadist-hadits yang sudah terkumpulkan, bahwa Nabi Muhammad SAW adalah HIDUP dengan JASAD dan RUHnya, dan beliau bertashorruf/berbuat apapun yang Beliau inginkan di seluruh penjuru bumi dan langit, dan haibah, kewibawaan, keadaan Beliau masih sama persis seperti sebelum wafat, dan Beliau tidak terlihat oleh mata sama halnya seperti para malaikat, akan tetapi sebagian dari hamba-hamba Alloh yang diberi kemuliaan dan ke khususan akan dibukakan hijab/penutupnya oleh Alloh Ta’ala sehingga bisa melihat Nabi Muhammad SAW secara terjaga/langsung.

Abu Hurairah RA. berkata:Rasulullah Saw bersabda: "Tiada seseorang yang mengucapkan salam kepadaku, melainkan Allah mengembalikan ruhku hingga aku dapat menjawab salamnya”. (HR. abu Dawud).

Jadi pd intinya, hadirkanlah selalu jiwa & raga kita pd saat pembacaan Sirah Nabi dibacakan, terlebih pd saat Mahalul Qiyam.

وانصت الى اوصاف طه المجتبى واحضر لقلبك يمتلىء وجدانا

"Maka simaklah akan sifat2 Thaahaa SAW, imam yg Terpilih dan hadirkanlah hatimu, niscaya terpenuhilah hatimu dg kerinduan kepadanya (Nabi Muhammad SAW)"

Semoga bisa menambahkan keimanan kita yang semakin berkurang ini, dan bisa diberi keistiqomahan dalam setiap menuntut ilmu. amin.
mungkin itu saja , kurang lebih nya mohon maaf. sekian dan terimakasih.

Wasalamu'alaikum

Tuesday, February 21, 2017

7 Jenis Pemimpin Akhir Zaman.


Assalamu'alaikum semua

Semoga dalam keadaan sehat wa afiat dan selalu dalam lindungan serta karunia Allah SWT.
Pemimpin adalah seorang imam, dan pemimpin harus mengikuti akhlaq mulia Baginda Nabi Muhammad SAW. maka dari itu wajib bagi kita memilih pemimpin yang beriman kepada Allah SWT. namun dari zaman ke zaman. Pemimpin banyak yang dzolim dan bahkan tidak adil. dan berikut adalah :

7 Jenis Pemimpin Akhir Zaman.

1. Para pemimpin sesat
Dari A'us yang berkata bahawa Rasulullah SAW bersabda:

«إِنِّي لاَ أَخَافُ عَلىَ أُمَّتيِ إِلاَّ الأَئِمَّةَ المُضَلِّينَ»

Aku tidak takut (ujian yang akan menimpa) pada umatku, kecuali (ujian) para pemimpin sesat.” (HR. Ibnu Hibban).
Sufyan as-Tsauri menggambarkan mereka dengan mengatakan: “Tidaklah kalian menjumpai para pemimpin sesat, kecuali kalian mengingkari mereka dengan hati, agar amal kalian tidak sia-sia
.”

2. Para pemimpin bodoh:
Dari Jabir bin Abdillah bahawa Rasulullah SAW berkata kepada Ka’ab bin Ajzah:

«أَعَاذَكَ اللهَ مِنْ إمَارَةِ السُّفَهَاءِ»

Aku memohon perlindungan untukmu kepada Allah dari kepemimpinan orang-orang bodoh.” (HR. Ahmad).
Dalam hadis riwayat Ahmad dikatakan bahawa pemimpin bodoh adalah pemimpin yang tidak mengikuti petunjuk dan sunnah Rasulullah SAW. Yakni pemimpin yang tidak menerapkan syariah Islam.

3. Para pemimpin penolak kebenaran, penyeru kemungkaran.
Dari Ubadah bin Samit berkata bahawa Rasulullah SAW bersabda:

«سَيَكُونُ عَلَيْكُمْ أُمَرَاءُ يَأْمُرُونَكُمْ بِمَا لاَ تَعْرِفُونَ وَيَفْعَلُونَ مَا تُنْكِرُونَ فَلَيْسَ لاِؤلَئِكَ عَلَيْكُمْ طَاعَةٌ»

“Kalian akan dipimpin oleh para pemimpin yang memerintah kalian dengan hukum yang tidak kalian ketahui (imani). Sebaliknya, mereka melakukan apa yang kalian engkari. Sehingga terhadap mereka ini tidak ada kewajiban bagi kalian untuk mentaatinya.” (HR. Ibnu Abi Syaibah)

4. Para penguasa yang memerintah dengan mengancam kehidupan dan mata pencarian.
Dari Abu Hisyam as-Silmi berkata bahawa Rasulullah SAW bersabda:

«سَيَكُونُ عَلَيْكُمْ أَئِمَّةٌ يَمْلِكُوْنَ رِقَابَكُمْ وَيُحَدِّثُوْنَكُمْ فَيَكْذِبُونَ، وَيَعْمَلُوْنَ فَيُسِيؤُونَ، لا يَرْضَوْنَ مِنْكُمْ حَتَّى تُحَسِّنُوا قَبِيْحَهُمْ وَتُصَدِّقُوْا كَذِبَهُمْ، اعْطُوْهُمُ الحَقَّ مَا رَضُوا بِهِ»

Kalian akan dipimpin oleh para pemimpin yang mengancam kehidupan kalian. Mereka berbicara (berjanji) kepada kalian, kemudian mereka mengengkari (janjinya). Mereka melakukan pekerjaan, lalu pekerjaan mereka itu sangat buruk. Mereka tidak senang dengan kalian hingga kalian menilai baik (memuji) keburukan mereka dan kalian membenarkan kebohongan mereka, serta kalian memberi pada mereka hak yang mereka senangi.” (HR. Thabrani).

5. Para pemimpin yang mengangkat pembantunya dari orang-orang jahat, dan mengakhirkan solat (mengabaikan syariah).
Dari Abu Hurairah ra yang berkata bahawa Rasulullah SAW bersabda:

« يَكُونُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ أُمَرَاءُ ظَلَمَةٌ، وَوُزَرَاءُ فَسَقَةٌ، وَقُضَاةٌ خَوَنَةٌ، وَفُقَهَاءُ كَذَبَةٌ، فَمَنْ أَدْرَكَ مِنْكُمْ ذَلِكَ الزَّمَنَ فَلا يَكُونَنَّ لَهُمْ جَابِيًا وَلا عَرِيفًا وَلا شُرْطِيًّا»

Akan ada di akhir zaman para penguasa sewenang-wenangnya, para pembantu (pejabat pemerintah) fasik, para hakim pengkhianat dan para ahli hukum Islam (fuqaha’) pendusta. Sehingga, siapa saja di antara kalian yang mendapati zaman itu, maka sungguh kalian jangan menjadi pengumpul cukai, pemimpin dan menjadi polis.” (HR. Thabrani).

6. Para pemimpin diktator (zalim).
Rasulullah SAW bersabda:

«إِنَّ شَرَّ الوُلاَةِ الحُطَمَةُ»

“Sesungguhnya seburuk-buruknya para penguasa adalah penguasa al-huthamah (diktator).” (HR. Al-Bazzar). 
Pemimpin al-huthamah (diktator) adalah pemimpin yang menggunakan politik kuku besi terhadap rakyatnya.
Dari Abu Layla al-Asy’ari bahwa Rasulullah SAW bersabda:

«وسَيَلي أُمَرَاءُ إنْ اسْتُرْحِمُوا لَمْ يَرْحَمُوا، وإنْ سُئِلُوا الحَقَّ لَمْ يُعْطُوا، وإِنْ أُمِرُوا بالمَعْرُوفِ أَنْكَرُوا، وسَتَخَافُوْنَهُمْ وَيَتَفَرَّقَ مَلأُكُمْ حَتى لاَ يَحْمِلُوكُمْ عَلى شَيءٍ إِلاَّ احْتُمِلْتُمْ عَلَيْهِ طَوْعاً وَكَرْهاً، ادْنَى الحَقِّ أَنْ لاَ تٌّاخُذُوا لَهُمْ عَطَاءً ولا تَحْضُروا لَهُمْ في المًّلاَ»

Dan berikutnya adalah para pemimpin jika mereka diminta untuk mengasihani (rakyat), mereka tidak mengasihani; jika mereka diminta untuk menunaikan hak (rakyat), mereka tidak memberikannya; dan jika mereka disuruh berlaku baik (adil), mereka menolak. Mereka akan membuat hidup kalian dalam ketakutan; dan memecah-belah tokoh-tokoh kalian. Sehingga mereka tidak membebani kalian dengan suatu beban, kecuali mereka membebani kalian dengan cara paksa, baik kalian suka atau tidak. Serendah-rendahnya hak kalian, adalah kalian tidak mengambil pemberian mereka, dan kalian tidak menghadiri pertemuan (perhimpunan) mereka.” (HR. Thabrani).

7. Para penguasa zindik (pura-pura beriman).
Dari Ma’qil bin Yasar bahwa Rasulullah Saw bersabda:

«صِنْفَانِ مِنْ أُمَّتِي لَنْ تَنَالَهُمَا شَفَاعَتِي: إِمَامٌ ظَلُومٌ، وَكُلُّ غَالٍ مَارِقٍ»

“Dua golongan umatku yang keduanya tidak akan pernah mendapatkan syafa’atku: pemimpin yang bertindak zalim dan orang yang berlebihan dalam beragama hingga sesat dari agama.” (HR. Thabrani).

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ قُدَامَةَ الْجُمَحِيُّ عَنْ إِسْحَقَ بْنِ أَبِي الْفُرَاتِ عَنْ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتُ يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ قِيلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ قَالَ الرَّجُلُ التَّافِهُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ

"Akan datang kepada masyarakat tahun-tahun yang penuh pembohongan. Pada tahun-tahun itu pembohong dipandang benar, yang benar dianggap bohong; pada tahun-tahun tersebut pengkhianat diberi amanat, sedangkan orang yang amanah dianggap pengkhianat. Pada saat itu yang berbicara adalah ruwaibidhah.” Lalu ada sahabat bertanya, “Apakah ruwaibidhah itu?” Rasulullah SAW menjawab, “Orang bodoh yang berbicara/mengurusi urusan umum/pablik.” (Dalam riwayat lain disebutkan, ruwaibidhah itu adalah “orang fasik yang berbicara/mengurusi urusan umum/pablik” dan “al-umara [pemerintah] fasik yang berbicara/mengurusi urusan umum/pablik”) (HR Ahmad, Ibnu Majah, Abu Ya’la dan al-Bazzar).
Rasulullah SAW bersabda melalui sebuah hadis riwayat Muslim:

ما من عبد يسترعيه الله رعية يموت يوم يموت وهو غاش لرعيته إلا حرم الله عليه الجنة

"Bukan daripada hamba yang mati di mana Allah meminta dia menjaga (amanah) rakyat di mana pada hari kematiannya sedangkan dia menipu rakyatnya melainkan Allah mengharamkan ke atasnya Syurga."

Semoga kita dijauhkan dari Pemimpin yang Dzolim dan juga diberikan Pemimpin yang Amanah yang bisa mengayomi dan membimbing masyarakat ke jalan yang lebih baik lagi.
mungkin itu saja, semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangannya. sekian dan terimakasih.

Wasalamu'alaikum.

Popular Posts