Thursday, February 16, 2017

Kemuliaan RATIBUL HADDAD




Asslamu'alikum Semua

Semoga dalam keadaan yang baik dan diberkahi oleh Allah SWT dan selalu dalam lindunganNya. Disini saya akan membagikan sedikit tentang Ratibul Haddad dan Berikut adalah kutipan dan rangkuman dari kemuliaan dan karomah Rotibul Haddad.

RATIBUL HADDAD ADALAH SENJATA PERANG

Zaman dulu para sulthon (raja/presiden) kalau mau perang psti yg didatangin ulama,kenapa? Karena ulama punya banyak massa.jadi dia datang dgn niat minta bela tentaranya.dizaman itu ada seorang sulthon datang kpada almuqarom Alhabib abdullah alhaddad (sohibul rotib alhaddad) dan mengatakan keinginannya minta orang buat bantuin perang,tapi beliau minta waktu buat berfikir,hari kemudian didatangi lagi tapi bkan anak murid lagi yg dikasih,malah si sulthon yg dkasih kertas beberapa lembar isinya dzikir" ratibul haddad.sultgon pulang dgn keadaan bingung akhirnya dya suruh anak buah dan seluruh rakyat buat baca ratib selama sebulan.dan ketika perang,merka pun meraih kmanangan.


Kisah selanjutnya adalah:guru mulia alhabib muhammad sholeh bin abubakar alaydrus,poso,yg biasa disebut (habib rotan).(saat itu sedang berkecamuk perang dimana muslimin dibantai karena minoritas).kenapa bisa disebut habib soleh rotan? Karena beliau selalu membawa rotan,rotan yg bukan rotan biasa,rotan yg kalau dipakai memukul orangtuh lansung sakit ataupun bisa saja mati,bahkan dari jauh belum kena dipukul bisa lansung jatuh.smpai rotannya direbut kaum musuh diperiksa dan di belah,ternyata tdk ada apa",hanya rotan biasa saja bentuknya.lalu beliau guru mulia alhabib sholeh berkata,"ini rotan tdk ana isi senjata apa2,ana hanya isi rotan ana pakai ratibu alhaddad" setiap hari beliau dan laskarnya selalu mngamalkan ratib haddad.


Selanjutnya kisah almuqarom alhabib mukhsin alathos.beliau wali dizamannya yang sangat disegani bahkan oleh orang2 belanda.beliau kalau sedang duduk didepan rumah beliau,ad noni belanda mau lewat dari jauh udah pakai kerudung dan baju rapat hanya untuk menghormati beliau alhabib mukhsin,selepas lewat dari rumahnya dilpas lgi kerudungnya.begitu sangat di takuti dari wibawanya.suatu hari beliau ditangkap oleh tentara belanda.kenapa? Padahal beliau tdk ikut perang,tdk bawa senjata,beliau ditangkap karena jadi tukang bikin jimat buat para jawara,sperti sipitung,sijampang,dll.jimat yg bikin kebal,jimat yg bikin gak mampan kalau di tembak,apa isi jimatnya? Trnyata ratib haddad.para jawara dlu belum bisa dan tdk hafal baca ratib,jadi habib mukhsinlah yg mnuliskan kemudian dijadikan jimat.ketika dijebloskan ke penjara habib merasa senang,belum lapar makanan sudah datang,dsana bisa tenang beribadah,bangun tdur sholat trus dzikir tdk ad yg ganggu.tapi,hal yg gak senang bagi tentara belanda,sejak menangkap habib mukhsin alathos mereka semua ditimpa sakit (seprti kualat).


Akhirnya setelah kesepakatan,mereka bilang sama habib bahwa habib boleh keluar,dibukanya pintu penjara,mempersilahkan beliau keluar dengan ridho,karena mreka masih takut untuk menarik paksa habib lagi.tapi habib menolak,udah betah di penjara.begitulah hal para wali.akhirnya mreka tentara belanda cari cara gimana supaya beliau keluar dari penjara dan mereka bebas dri sakit,di datangilah habib salim bin toha Al haddad untuk membujuk habib mukhsin mau plang juga.

itulah sepenggal kemuliaan di dalam Rotibul Haddad, semoga kita bisa mengamalkan dan beristiqomah dalam menjalankan suatu kebaikan di jalan Allah SWT.
Mungkin itu saja, kurang lebih nya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Wasalamu'alaikum

2 comments:

Popular Posts